Sejarah Dinosaurus Yang Ada Di Dunia

 Sejarah Dinosaurus 


Dinosaurus adalah hewan bertulang belakang dominan pada Era Mesozoikum, khususnya pada periode Jura dan periode Kapur. Kelompok hewan lainnya yang hidup pada masa itu jumlah dan ukurannya sangat terbatas; misalnya mamalia, yang besarnya jarang melebihi ukuran kucing, dan umumnya adalah hewan pengerat karnivora.

› Dinosaurus terpanjang
Gelar dinosaurus terpanjang di dunia dimenangkan Supersaurus, sauropod yang hidup 150 juta tahun lalu selama periode Jurasik. Panjangnya mencapai 39 meter. Setelah itu ada Diplodocus, yang panjangnya mencapai 33 meter, menurut studi spesimen Seismosaurus dalam New Mexico Museum of Natural History and Science Bulletin.

› Dinosaurus terganas
allosaurus merupakan reptil prasejarah karnivora yang fosilnya ditemukan di Amerika Utara, Portugal, dan Tanzania. Dinosaurus ini termasuk dalam nama-nama dinosaurus terganas yang ada di dunia.


Dinosaurus terbagi menjadi tiga kategori yaitu:
1. Dinosaurus herbivora yang hanya makan tumbuhan.
2. Dinosaurus karnivora yang hanya makan daging saja.
3. Dinosaurus omnivora yang memakan segalanya.


»Dinosaurus herbivora (pemakan tumbuhan)

Dinosaurus pemakan tumbuhan biasanya berleher panjang. Mereka bisa dengan mudah menggapai daun-daun di puncak pohon dengan lehernya yang panjang. Ada ultrasaurus, seismosaurus, camarasaurus, dan brachiosaurus dan lain lain.


»Dinosaurus karnivora (pemakan daging)

Dinosaurus pemakan daging yang memiliki panggul seperti kadal, kaki yang besar dan kuat, serta tangan yang pendek. Contohnya: Albertosaurus, Allosaurus, Coelophysis, Deinonychus, Oviraptor, Spinosaurus, Tyrannosaurus, dan Velociraptor.


»Dinosaurus omnivora (pemakan segala nya)

Anchisaurus merupakan dinosaurus pemakan segala generasi pertama yang hidup pada 200-188 juta tahun lalu atau saat zaman Jurassic. Dinosaurus ini memiliki tubuh langsing, ringan, dan kepala kecil.


Kenapa dimanai Dinosaurus?

Dalam bahasa Yunani, deinos berarti mengerikan, dan sauors punya arti kadal, jika digabungkan, istilah dinosaurus berarti 'kadal yang mengerikan'. Istilah dinosaurus ini diberikan oleh Sir Richard Owen, seorang ahli biologi dan paleontolog Inggris pada tahun 1841 untuk menggambarkan reptil yang sudah punah.



Berapa lama dinosaurus hidup dibumi?

Secara singkat, zaman dinosaurus hidup sekitar 252 hingga 66 juta tahun yang lalu selama periode Mesozoikum. Mesozoikum terdiri dari periode Triasik, Jura, dan Kapur. Mesozoikum dan kejayaan dinosaurus berakhir dengan kepunahan massal yang dikenal sebagai peristiwa K-T (Kapur-Tersier) sekitar 66 juta tahun yang lalu.


Dinosaurus itu ada berapa?
Studi terdahulu memperkirakan bahwa terdapat sekitar 3400 genera dinosaurus di Bumi, termasuk yang fosilnya telah diawetkan. Hingga 17 September 2008, 1047 spesies dinosaurus yang berbeda telah diberi nama.

Nama nama dinosaurus yang paling populer:

1. Tyrannosaurus Rex (T-Rex)

Tyrannosaurus Rex atau yang biasa dikenal T-Rex merupakan jenis dinosaurus yang paling terkenal. Dinosaurus jenis ini terkenal akan keganasannya yang sangat menakutkan.

Saking populernya, T-Rex menjadi ikon dari logo film Jurassic Park, dan berbagai logo-logo yang berkaitan dengan dinosaurus lainnya. Dengan panjang tubuh mencapai sekitar 40 kaki, tinggi sekitar 15 kaki serta berat mencapai 14 ton, T-Rex menjadi predator yang mendominasi di ekosistemnya.


2. Brontosaurus

Brontosaurus di urutan kedua. Dinosaurus jenis ini merupakan salah satu dinosaurus herbivora terbesar terbesar yang pernah hidup di bumi.

Dengan panjang tubuh mencapai sekitar 75 hingga 90 kaki dan berat yang mencapai puluhan ton, Brontosaurus memiliki tubuh yang besar dengan leher panjang, ekor panjang, dan kaki yang kuat.


3. Brachiosaurus

Memiliki kesamaan dengan Brontosaurus, Brachiosaurus juga merupakan jenis dinosaurus herbivora, yakni pemakan tumbuhan. Brachiosaurus memiliki ciri khas berupa leher yang panjang, tubuh besar, dan kaki depan yang lebih panjang daripada kaki belakang.

Dengan panjang tubuh mencapai sekitar 85 hingga 98 kaki dan tinggi mencapai sekitar 40 hingga 50 kaki mereka adalah salah satu dinosaurus darat terbesar yang diketahui. Brachiosaurus menjadi semakin populer saat ia muncul dalam film Jurassic Park tahun 1993 lalu.


4. Stegosaurus

Stegosaurus menjadi jenis dinosaurus yang paling mudah dikenali. Pasalnya, ia memiliki ciri khas yaitu punggung yang dilindungi oleh lempengan tulang besar dan pasangan besar duri yang menjulang.

Fosil Stegosaurus pertama kali ditemukan pada tahun 1877 di Amerika Serikat. Berdasarkan penemuan tersebut, dinyatakan bahwa Stegosaurus memiliki tubuh besar dengan panjang mencapai sekitar 30 kaki dan tinggi sekitar 14 kaki.


5. Allosaurus

Allosaurus menjadi salah satu dinosaurus karnivora yang paling terkenal dari periode Jurasik. Dinosaurus ini memiliki ciri khas seperti kepala besar dengan gigi tajam, cakar yang kuat, dan tubuh yang ramping.

Walau memiliki tubuh yang lebih kecil dari T-Rex, namun Allosaurus lebih gesit dan ganas darinya. Ia bahkan mampu memburu mangsa seperti sauropoda dan stegosaurus, secara berkelompok.

By. Dinorus

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BTS (Base Transceiver Station)