BTS (Base Transceiver Station)

Fungsi dan penjelasan dari BTS


Base Transceiver Station atau BTS merupakan bagian infrastruktur dalam jaringan seluler dengan menghadirkan layanan sistem seluler dan komunikasi nirkabel. Fungsi dari BTS yaitu sebagai sebuah titik akses jaringan nirkabel bagi perangkat seluler, antara lain seperti perangkat data seluler dan telepon genggam. 

BTS berguna sebagai transceiver , sebagai perangkat untuk mengirim dan menerima sinyal radio ke dalam perangkat seluler. Selain itu, BTS Telkom juga memiliki tanggung jawab dalam mengelola sistem komunikasi nirkabel yang terjadi antara jaringan seluler dan perangkat seluler, dan dapat memproses sinyal data maupun suara demi memastikan keamanan dan kualitas layanan komunikasi.

Biasanya BTS berada di tiang atau Menara tinggi di tempat atau area geografis serta dapat menangani berbagai saluran komunikasi jaringan nirkabel dengan cara simultan. Maka dari itu, biasa disebut sebagai Menara BTS. 

Selain itu, BTS juga langsung terhubung ke jaringan pusat untuk mengendalikan layanan seluler dan pengiriman sinyal. Oleh karena itu, BTS merupakan komponen penting pada infrastruktur telekomunikasi dan jaringan seluler. 

AFungsi BTS (Base Transceiver Station)

Fungsi BTS adalah mengirimkan dan menerima sinyal radio ke perangkat komunikasi seperti telepon seluler, telepon rumah dan sejenis gawai lainnya, kemudian sinyal radio tersebut akan diubah menjadi sinyal digital yang selanjutnya dikirim ke terminal lainnya menjadi sebuah pesan atau data.

Kontrol kekuatan transmisi (Transmisson Power Control) dalam jaringan BTS (Base Transceiver Station) adalah proses pengaturan daya transmisi sinyal yang dikirim oleh stasiun basis BTS. Tujuannya adalah untuk menjaga kualitas sinyal yang optimal dan efisiensi energi. Kontrol kekuatan transmisi ini dapat mengatur daya output BTS berdasarkan kondisi jaringan, jarak ke perangkat seluler, serta interferensi radio lainnya untuk memastikan komunikasi yang baik dengan perangkat seluler dalam jaringan. Ini membantu menghindari gangguan berlebihan dan meminimalkan konsumsi daya yang tidak perlu.

Kendali kekuatan transmisi dapat berupa penurunan atau peningkatan daya transmisi untuk menjaga kualitas sinyal dan kinerja jaringan yang optimal.

1. Mengontrol Kekuatan Transmisi 

BTS berfungsi untuk mengontrol kekuatan dari sistem transmisi lalu menerima daya sinyal pada perangkat seluler. Selain itu, BTS memastikan jika perangkat seluler selalu ada di area tertentu yang memadai.


2. Sebagai Jalur Sinyal Radio dan Prosesnya

Menara BTS juga berfungsi untuk sekaligus memproses sinyal pada perangkat seluler. BTS selanjutnya mengirimkan sinyal ke stasiun basis lainnya maupun ke dalam jaringan inti.


3. Mengontrol Jaringan GSM

Menara BTS termasuk perangkat yang dapat Anda gunakan pada jaringan seluler GSM dan dapat mengontrol jaringan tersebut. Selain itu, BTS bertanggung jawab menerima maupun mengirimkan sinyal radio ke atau dari seluler GSM. 

Pada jaringan GSM, biasanya BTS terhubung pada BSC atau Base Station Controller untuk mengendalikan beberapa BTS. Selain itu, BSC juga terhubung pada MSC ( Mobile Switching Center ) sebagai bagian inti pada jaringan GSM. Fungsi dari MSC yaitu untuk mengendalikan dan mengatur panggilan suara, data dan SMS antara perangkat yang tersambung ke dalam jaringan GSM.

Dengan kata lain, BTS memiliki peranan penting untuk mengontrol jaringan GSM. Namun BTS juga harus dikelola dan diatur dengan baik oleh penyedia atau operator jaringan seluler demi memastikan kualitas yang baik dalam jaringan sekaligus layanan bagi pengguna seluler yang optimal.


B. Jenis - Jenis Menara BTS (Base Transceiver Station)


1. Menara BTS 1 Kaki (Menara Monopole)

Monopole tower merupakan jenis Menara Base Transceiver Station yang terdiri atas tiang tunggal yang memiliki ketinggian bervariasi, tergantung dari keperluan jaringan seluler itu sendiri. Biasanya Menara ini terbuat dari material beton atau logam dengan struktur lebih ramping jika dibandingkan menara berbasis tanah.


Biasanya menara monopole diaplikasikan di lingkungan perkotaan, yang ruang Menara BTS-nya sangat terbatas. Selain itu, Menara BTS ini lebih mudah dipasang dan lebih ringan dibandingkan ground based tower yang juga memiliki tampilan lebih rapi dan bersih karena hanya terdiri atas satu tiang saja.


BTS jenis ini mempunyai antena serta peralatan lain yang terpasang di atas tiang. Belum lagi, Menara ini bisa dilengkapi dengan peralatan tambahan berupa pemancar radio dan penguat sinyal.


2. Menara BTS 3 Kaki (Menara Segitiga)


Menara BTS 3 Kaki atau Menara segitiga merupakan sejenis Menara BTS terdiri atas 2 kaki untuk menyangga tiang utama. Biasanya Menara ini terbuat dari material logam, yang dapat dipakai untuk memasang antena BTS dengan peralatan lainnya.

Biasanya Menara BTS menara segitiga biasanya dipakai sebagai sebuah Menara sementara dalam proyek-proyek bangunan atau konstruksi yang memerlukan jaringan seluler handal. Menara ini bisa dilepas dan dipasang dengan mudah dan cepat sehingga bisa disesuaikan untuk keperluan sementara

Meskipun mempunyai kelebihan dalam kemudahan mobilitas dan instalasinya, namun Anda harus mempertimbangkan penggunaannya bahwa Menara segitiga tidak berbahaya dari menara berbasis tanah . Oleh karena itu, harus dilakukan perhitungan dan perencanaan yang cermat untuk memastikan menara tersebut dapat berfungsi dengan baik. 


3. Menara BTS 4 Kaki (Menara Persegi Panjang)


Menara BTS 4 Kaki disebut menara segi empat, terdiri atas 4 kaki untuk menyangga tiang utama. Biasanya Menara ini lebih kuat dan kokoh dibandingkan menara segitiga . Ketinggian dari Menara BTS menara persegi panjang bervariasi, menyesuaikan kebutuhan jaringan seluler. Biasanya Menara ini dipakai untuk operator seluler dengan daya tampung besar, misalnya di pusat perbelanjaan atau kawasan perkotaan.

Menara ini mempunyai kelebihan jika dilihat dari ketahanan dan kekuatan sehingga lebih cocok dipakai di lokasi dengan kondisi cuaca ekstrem. Di sisi lain, menara jenis ini juga sudah memiliki pemancar radio dan penguat sinyal.

Namun, menara memerlukan biaya lebih besar dalam hal perawatan dan pemasangan. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam memastikan keamanan Menara BTS ini, agar dapat berfungsi secara optimal dalam waktu yang lama. 


C. Struktur Menara BTS

Dalam pemasangan Menara BTS Telkom, Anda harus mengetahui struktur dari Menara BTS itu sendiri, sebagai berikut :

1. Tempat berlindung 

Bangunan kecil berguna sebagai pusat kontrol dalam jaringan seluler. Biasanya letak shelter berada di bagian bawah menara, yang juga sudah dilengkapi dengan peralatan yang dibutuhkan dalam operasi jaringan seluler. 


2. Antena Sektoral

Antena ini biasanya berbentuk persegi panjang dan berfungsi sebagai penghubung antara BTS dan alat komunikasi. Terdapat 2 jenis antena sektoral pada BTS ini, antara lain monotype yang digunakan untuk keperluan di pedesaan, sedangkan dual type yang digunakan untuk keperluan di perkotaan. 


3. Antena Microwave

Antena berbentuk lingkaran yang satu ini berguna untuk menghubungkan antara beberapa BTS atau antara BTS dengan Base Station Controller . 


4. Sistem Penyearah

Sistem Rectifier berguna untuk mengkonversi aliran listrik AC ke dalam DC, yang akan disalurkan pada komponen lainnya. 


5. Baterai 

UPS atau baterai berguna sebagai sumber listrik cadangan energi yang digunakan apabila aliran yang utama sedang mati atau gangguan. 


6. Menara Sentral 



Tower sentral adalah Menara BTS itu sendiri, yang menjadi media untuk menyimpan berbagai macam komponen lainnya. Biasanya terdiri atas beberapa perlengkapan, berupa sling baja 4mm, tiang besi beton, span skrup atau turnbuckle 12 mm, klem sling 6mm dan mur baut m16. 


Umumnya, tower sentral ini dipasang di area yang tinggi dan strategis, seperti di bukit atau puncak gedung, dengan tujuan memperluas jangkauan dalam jaringan seluler. Melalui Tower Sentral BTS ini, maka pengguna dapat terhubung pada jaringan seluler sekaligus dapat menggunakan layanan telekomunikasi. 


7. Penangkal Petir atau Dinasfer

Sesuai namanya, komponen yang satu ini berguna untuk melindungi BTS dari petir.


8. Lampu


Lampu tower BTS ini untuk mencapai area Menara BTS dan sekitarnya.


9. Unit Penerima Pemancar

Transmitter Receiver Unit (TRU) merupakan bagian BTS., yang berfungsi sebagai perangkat elektronik untuk menerima dan mentransmisikan sinyal radio yang terjadi antara BTS dengan perangkat seluler, berupa smartphone atau hp.



By.Dinorus

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Dinosaurus Yang Ada Di Dunia